lailaberbagicerita

"Laa haula walaa quwwata illaa billaahil'aliyyil'adzhim." (Tiada daya & kekuatan kecuali dengan pertolongan ALLAH Yang Maha Tinggi lagi Maha Agung)"

daging bumbu pedas yadawi

daging bumbu pedas

daging bumbu pedas

hmm ini resep kreasi nih ceritanya. hehe..

aslinya resep yang dipakai adalah resep ayam panggang pedas. tapi berhubung yang ada di kulkas adalah daging sapi, maka digantilah ayam tsb dg daging sapi. ternyata mantaps. hehe.

apalagi ditambah wortel (niatnya sih malas bikin sayur, hehe..tp malah jd memberi warna n rasa) dan jagung manis (wah kolaborasi yang pas, manis di antara rasa pedas cabe rawit)

uji resep : 171013

Iklan
Tinggalkan komentar »

AYAM PANGGANG PEDAS

Bahan :
~ 1 ekor ayam, potong menjadi 16 bagian
~ 2 sdm air jeruk nipis dan 1 sdt garam
~ 3 batang serai, memarkan
~ 3 lembar daun jeruk
~ 2 cm jahe, memarkan
~ 2 lembar daun pandan
~ 10 sdm kecap manis
~ 5 sdm minyak goreng

Tumbuk kasar :
~ 350 gram cabai hijau besar
~ 15 buah cabai rawit hijau
~ 10 butir bawang merah
~ 5 siung bawang putih
~ 2 sdt garam dan 1/2 sdt merica bubuk
~ 1 sdt bumbu penyedap serba guna rasa ayam
~ 2 sdt air jeruk limau

Cara membuat:
~ 1. Cuci ayam hingga bersih, lumuri dengan air jeruk nipis dan garam, diamkan selama 10 menit cuci bersih kembali, tiriskan.

~ 2. Panggang ayam di atas bara api, setelah matang, memarkan, sisihkan.

~ 3. Panaskan minyak, tumis bumbu tumbuk bersama serai, daun jeruk, jahe dan daun pandan hingga harum. Masukkan kecap rasa manis, aduk rata. Masak hingga bumbu meresap.

~ 4. Setelah matang, masukkan air jeruk limau, aduk rata, angkat.

~ 5. Sajikan hangat dengan nasi putih

untuk : 6 orang

Selamat mencoba…

——

sumber : https://www.facebook.com/photo.php?fbid=239045726195303&makeprofile=1&makeuserprofile=1

Tinggalkan komentar »

Siput dan Katak

Ada seekor siput selalu memandang sinis terhadap katak.

Suatu hari, katak yg kehilangan kesabaran akhirnya berkata
kepada siput: “Tuan siput, apakah saya telah melakukan kesalahan, sehingga Anda begitu membenci saya?”

Siput menjawab: “Kalian kaum katak mempunyai empat kaki & bisa melompat ke sana ke mari, Tapi saya mesti membawa cangkang yg berat ini, merangkak di tanah, jadi saya merasa sangat sedih.”

Katak menjawab: “Setiap kehidupan memiliki penderitaannya masing², hanya saja kamu cuma melihat kegembiraan saya, tetapi kamu
tidak melihat penderitaan kami para katak”.
Dan seketika, ada seekor elang besar yg terbang ke arah mereka, siput dg cepat memasukan badannya ke dalam cangkang, sedangkan katak dimangsa oleh elang.

Si siput baru sadar, ternyata cangkang yg di milikinya bukan merupakan suatu beban… tetapi adalah kelebihannya.
Renungan:
Nikmatilah kehidupanmu, tidak perlu dibandingkan dgn orang lain. Keirian hati kita terhadap orang lain akan membawa lebih
banyak penderitaan… Rejeki tidak selalu berupa emas, permata atau uang yg banyak bukan pula saat kita di rumah mewah & pergi bermobil.

Karena bukan kebahagiaan yg menjadikan kita berSYUKUR tetapi berSYUKURlah yg menjadikan kita berbahagia…

 

sumber : copas (maaf lupa copy link nya)

Tinggalkan komentar »

Waspadai efek samping obat

Anda pernah nggak, habis minum suatu obat kok ada rasa deg-degan (jantung berdebar) atau mulut rasanya kering? Atau jadi sembelit, atau sebaliknya jadi diare? Atau batuk-batuk, mual, dsb ? Jika tidak ada keluhan-keluhan semacam itu sebelum minum obat, kemungkinan besar Anda mengalami efek samping obat. Tapi memang tidak mudah untuk membedakan apakah ini suatu efek samping atau mungkin gejala suatu penyakit lain. Siapa tau kebetulan ada penyakit lain yang muncul bersamaan dengan kita minum suatu obat
tertentu yang gejalanya mirip dengan efek samping suatu obat. Salah satu cara untuk menandainya adalah bahwa jika obat berhenti diminum dan gejala tadi hilang, berarti itu kemungkinan besar adalah efek samping obat. Jika obat berhenti diminum tapi keluhan masih ada, maka mungkin itu tanda adanya suatu penyakit.

Yah, memang, selain memberikan efek terapi yang diharapkan, obat juga bisa memberikan efek yang tidak diinginkan yaitu efek samping obat, atau kerennya disebut “adverse drug reaction”. Efek samping ini ada yang bisa diprediksi sebelumnya, dan ada yang tidak.

Mengapa sih obat bisa memiliki efek samping? Hampir sebagian besar obat memiliki efek samping karena jarang sekali obat yang
beraksi cukup selektif pada target aksi tertentu. Suatu obat bisa bekerja pada suatu reseptor tertentu yang terdistribusi luas
dalam berbagai jaringan di tubuh. Sehingga walaupun sasarannya adalah reseptor pada pembuluh darah jantung misalnya, ia bisa
juga bekerja pada reseptor serupa yang ada di saluran nafas, sehingga menghasilkan efek yang tak diinginkan pada saluran nafas.
Contohnya, obat anti hipertensi propanolol dapat memicu serangan sesak nafas pada pasien yang punya riwayat asma. Semakin
selektif suatu obat terhadap target aksi tertentu, semakin kecil efek sampingnya.

Dan itulah yang kemudian dilakukan pada ahli produsen obat untuk membuat suatu obat yang semakin poten, semakin selektif
terhadap target aksi tertentu, sehingga makin kurang efek sampingnya.

Bagaimana cara mengatasi efek samping obat? Efek samping obat bisa muncul dalam berbagai bentuk dan berbagai tingkatan.
Ada yang ringan seperti mengantuk, batuk-batuk, mual, gatal-gatal, sampai yang berat seperti syok anafilaksis, gangguan dalam
sistem darah, sampai kematian. Efek samping mengantuk misalnya, mungkin tidak perlu pengatasan, bahkan seringkali dimanfaatkan pasien untuk bisa istirahat. Efek samping meningkatkan nafsu makan malah kadang dimanfaatkan untuk memicu nafsu makan anak yang ngga doyan makan. Tapi efek samping yang menganggu seperti mual bahkan sampai muntah pada pasien yang menjalani kemoterapi misalnya, mau tak mau harus dicegah atau diatasi dengan obat anti mual, karena kemoterapinya itu sendiri juga tak mungkin dihentikan sebelum waktunya. Dan jika efek samping suatu obat bisa mengancam jiwa, tentu obatnya harus dihentikan dan dicarikan alternatifnya yang lebih kecil efek sampingnya. Untuk hal ini tentu harus dikonsultasikan dengan dokter penulis
resepnya.

Untuk mengetahui apakah suatu gejala itu merupakan efek samping khas obat dapat dibaca pada leaflet/kemasan obat, atau
dapat pula ditanyakan kepada apoteker saat membeli obat. Hampir semua obat memiliki informasi tentang efek samping yang
mungkin ditimbulkannya. Yang agak susah adalah jika terjadi reaksi alergi. Hal ini sulit untuk diprediksikan sebelumnya. Tapi Anda
boleh menggunakan patokan riwayat alergi keluarga, karena sifat alergi ini biasanya diwariskan (warisan kok penyakit ya…
hehe… mbok rumah po tanah gitu…). Jika ada riwayat keluarga (ayah, ibu, kakak, adik, nenek, kakek) alergi terhadap obat tertentu,
sebaiknya berhati-hati terhadap penggunaan obat tersebut, karena barangkali Anda juga alergi obat tersebut.

Jika Anda menemui suatu gejala-gejala tertentu yang diduga akibat efek samping obat, sebaiknya Anda konsultasikan lagi
dengan dokter. Jika itu adalah obat bebas, Anda bisa konsultasikan dengan Apoteker anda. Biasanya jika gejala efek samping
tersebut tidak membahayakan dan dapat ditoleransi pasien, tidak perlu ada pengatasan apa-apa. Atau jika ada,
sebaiknya tanpa menggunakan obat. Keluhan sembelit, misalnya, diatasi dengan memperbanyak makanan berserat dan
minum air untuk mempermudah BAB. Jika terasa mulut kering, mungkin bisa dibantu dengan mengulum permen. Sedangkan jika
keluhan efek samping cukup berat dan tidak dapat ditoleransi pasien, bisa diatasi dengan pemberian obat lain untuk mengatasi efek
samping, penurunan dosis obat, atau penggantian obat, yang tentunya harus sepengetahuan dokter.
Nah, selamat mencermati.

Tinggalkan komentar »

Es krim potong strawberry

Kombinasi buah stroberi, air jeruk lemon dan bahan lainnya menghasilkan sajian
yang menggugah selera. Ditambah dengan wafer vanila sebagai pelengkap. Penasaran?
Rasanya yang manis dan segar menjadikan anda wajib mencoba resep berikut.
Bahan-bahan/bumbu-bumbu :
250 gram stroberi, dicuci bersih, dicincang kasar
150 gram susu kental manis putih
1 sendok teh air jeruk lemon
150 gram krim bubuk
300 gram air es
4 tetes pewarna merah muda
40 gram wafer vanila, dicincang kasar untuk pelengkap
Cara Pengolahan :
1. Kocok krim bubuk dan air es sampai mengembang. Simpan dalam lemari es.
2. Aduk rata stroberi, susu kental manis putih, dan air jeruk lemon.
3. Tuang ke kocokan krim. Aduk rata. Tambahkan pewarna merah muda. Aduk rata.
4. Tuang di loyang 22x22x4 cm yang dialas aluminium foil. Ratakan.
5. Tabur atasnya dengan wafer vanila. Bekukan.

Untuk 15 potong

sumber : http://www.sajiansedap.com/recipe/detail/7042/es-krim-potong-stroberi

Tinggalkan komentar »

bihun goreng selimut telur yadawi

Bihun goreng selimut telur

wah ini blom ada resepnya di folder dapur. hehe..

soalnya ini resep sendiri. n cukup sering dipraktekin. tinggal ganti bihun/mie telur/soun/kwetiaw.

enak n mantaps. nyaris mirip dg yg dijual2 di abang2 keliling. hehe..

uji resep : sering. ga terhitung. hehe

Tinggalkan komentar »

klappertart yadawi

klappertart

klappertart..

resepnya di sini ya..

hmm hy..hy..bgt..hehe..

walopun bocah2 kurang suka karena bubuk kayu manis. next time mau coba ganti topping nya dengan meses or susu coklat bubuk khusus tu mereka..

oya..aku juga sempet ganti dengan susu kental manis..

uji resep : 091013 dan 101013

Tinggalkan komentar »

Klappertart

Klappertaart
Bahan:
– 50 gram tepung custard (bisa diganti dengan tepung maizena)
– 35 gram tepung terigu
serba guna
– 3 kuning telur
– 1 putih telur
– 1/4 sendok teh garam
halus
– 100 ml + 500 ml air kelapa (kadang susu semua, gak pake air kelapa atau air biasa, jadinya lebih creammy)
– 5 sendok makan susu bubuk rendah lemak
– 5 sendok makan gula pasir
– 4 butir kelapa muda, keruk dagingnya
– 1 sendok teh vanila
ekstrak atau 1/4 sendok teh vanili bubuk
– 1 sendok teh essence rhum (optional/kalau mau saja)
– 50 gram kismis
– 30 gram kacang almond iris atau kenari cincang, jika suka
– 100 gram mentega
– kayu manis bubuk sebagai taburan

Cara membuat:
1. Siapkan mangkuk, tuangkan air kelapa dan susu bubuk, aduk
hingga rata. Sisihkan.
2. Dalam mangkuk kecil,
aduk jadi satu tepung custard,
tepung terigu dan telur menggunakan spatula balon hingga rata dan menjadi
adonan yang smooth. Tuangkan 100 ml air kelapa, aduk rata hingga menjadi larutan yang halus.
3. Siapkan panci ukuran sedang, letakkan panci di atas kompor. Tuangkan larutan air kelapa dan susu, tambahkan adonan tepung dan telur, aduk hingga rata menggunakan spatula balon atau kayu.
5. Masukkan daging kelapa muda, garam, gula pasir dan vanila ekstrak, masak menggunakan api kecil sambil diaduk dengan
gerakan searah agar tidak pecah.
6. Masak hingga menjadi
adonan yang kental, tambahkan kismis, terus aduk hingga mulai muncul gelembung
letupan tanda adonan mulai mendidih.
7. Matikan api kompor dan angkat.
8. Masukkan mentega, aduk
hingga mentega mencair dan tercampur rata dengan adonan. Adonan yang terbentuk
kental dan smooth.
9. Tambahkan essence rhum aduk merata.
10. Siapkan mangkuk-mangkuk
kecil, tuangkan adonan ke dalamnya, taburi atasnya dengan almond yang telah dipanggang dan kayu manis bubuk menggunakan saringan kecil agar kayu manis tersebar merata dan tidak berlebihan di permukaan kue. Biarkan uap panasnya menghilang dan masukkan ke
kulkas agar menjadi dingin.

Klappertaart paling
sedap dimakan saat benar-benar
dingin. Yummy!

Tinggalkan komentar »

Roti Maryam

roti maryam

Bahan :

– 1kg terigu protein tinggi

– 2 buah kuning telur

– 2 sdm gula pasir makan penuh (klo mau agak manis boleh tambahin jadi 3 sdm (sesuai selera)

– 1/2 sdt garam halus

– 1 bungkus sachet susu kental manis,/boleh ganti dengan susu cair tapi gula pasirnya ditambahin biar rasa manisnya imbang

– 100 gr margarin/ mentega untuk adonan

– 200 gr margarin untuk menggulung dan menggoreng.

– air 500 – 600 cc

Cara Membuat :

– Campur bahan (terigu, gula, garam, telur, dan margarin), tambahkan air sedikit demi sedikit, uleni adonan hingga kalis (seperti adonan roti)

1

– bagi roti menjadi 12 – 14 potong, bentuk bulat, lalu olesi mentega atau margarin diatasnya, biarkan adonan hingga 1 jam (sampai elastis)

2

– masing2 bulatan adonan di lebarin (pipihkan) seperti membentuk kulit martabak, lalu olesi dengan margarin di atasnya

3

– gulung adonan yang sudah dipipihkan, bentuk seperti konde, lalu olesi dengan mentega di atasnya

45

– biarkan gulungan adonan selama 30 menit-1 jam, lalu goreng dengan menggunakan margarin (dengan melelehkan) margarin sedikit demi sedikit sambil adonan dipipihkan diatas teflon/ wajan.. bolak balik beberapa kali sambil diolesi di margarin di atasnya.

67

 

Tips :

– gunakan api kecil saat menggoreng

– Adonan roti yang telah digulung bisa disimpan di kulkas, dan bisa tahan hingga 1 ming gu.

-Sebelum menggoreng roti yang ada di kulkas, keluarkan dulu selama 30 menit, baru adonan rotinya siap untuk digoreng.

———-

sumber : salwafattah.blogspot.jp/search/label/Dapur?m=0#uds-search-results

Tinggalkan komentar »