lailaberbagicerita

"Laa haula walaa quwwata illaa billaahil'aliyyil'adzhim." (Tiada daya & kekuatan kecuali dengan pertolongan ALLAH Yang Maha Tinggi lagi Maha Agung)"

Makanan yang Boleh dan Dilarang saat Menstruasi

pada Agustus 21, 2013

11

Kram dan nyeri adalah hal yang umum pada perempuan yang sedang menstruasi alias haid. Rasa sakit pada saat menstruasi itu bisa semakin parah bila perempuan salah memilih menu makanan.

Makanan yang salah dapat mempengaruhi keparahan dan lamanya pra-menstruasi dan kram menstruasi yang menyakitkan. Penyebab paling umum dari kram menstruasi adalah prostaglandin, sejenis bahan kimia yang terjadi secara alami dalam tubuh yang mengatur ketegangan otot.

Membatasi makanan tinggi gula dan garam juga dapat mengurangi kembung dan perubahan suasana hati. Selain memodifikasi diet, salah satu hal paling penting yang dapat Anda lakukan adalah meningkatkan tingkat aktivitas.

Berikut beberapa makanan yang sebaiknya dihindari saat sedang menstruasi, seperti dilansir Livestrong, Senin (28/5/2012):

1. Cokelat
Hindari kafein dalam makanan seperti coklat, teh, soda dan kopi selama siklus menstruasi. Kafein menyempitkan pembuluh darah dan membuat dehidrasi tubuh, yang dapat menyebabkan sakit kepala dan dapat meningkatkan kegelisahan selama periode haid sehingga menyebabkan ketidaknyamanan menstruasi.

2. Produk susu
Susu mengandung asam arachadonic, yang dapat meningkatkan produksi prostaglandin. Karena prostaglandin dilepaskan ke dalam tubuh, rahim merespons dengan menyebabkan kram atau kejang.

Makanan tinggi asam lemak omega-3 dapat menghambat pelepasan prostaglandin. Dengan demikian, makan salmon, biji rami dan kenari sebenarnya dapat membantu meringankan kram menstruasi.

3. Makanan olahan
Mengurangi asupan natrium atau garam akan mengurangi retensi air dan kembung. Hindari makanan kaleng, makanan olahan seperti daging kaleng dan produk keju, saus dan MSG, serta setiap makanan kemasan yang mengandung natrium 200mg atau lebih per porsi.

4. Gorengan
Makanan tinggi lemak seperti daging, susu penuh lemak, gorengan dan minyak meningkatkan kadar estrogen dalam tubuh. Perubahan estrogen dapat menyebabkan perubahan rahim yang dramatis dan menimbulkan kram dan rasa sakit.

Sedangkan beberapa makanan yang sebaiknya dikonsumsi saat sedang menstruasi, sebagai berikut :

1. Makanlah karbohidrat kompleks

Buah-buahan, sayuran, dan makanan yang belum diproses sangat diperlukan saat menstruasi. Buah yang mengandung gula bisa membantu kebutuhan tubuh akan gula. Coba buah aprikot, jeruk, plum, pir, timun, jagung, dan wortel.
2. Makanlah makanan kaya kalsium

Menurut penasihat kesehatan holistik dan ahli nutrisi Latham Thomas, perempuan membutuhkan setidaknya 1200 mg kalsium setiap hari. Beberapa sumber kalsium terbaik adalah brokoli, yogurt, dan kubis.
3. Manjakan diri dengan cokelat pekat

Menyantap cokelat pekat, minimun 60 persen kadar cokelatnya, setiap hari selama Anda menstruasi, akan memberi antioksidan dan meningkatkan serotonin yang bisa memperbaiki mood.
4. Jangan lupa minum air
Minum lebih banyak air akan membantu tubuh Anda mengganti air yang terbuang dan mengurangi kembung. Tubuh Anda menahan air karena takut tidak mencukupi kebutuhan tubuh. Jadi jika Anda memberi apa yang dibutuhkan, maka tubuh akan membuang air yang seharusnya sudah dilepaskan.
5. Makanlah makanan kaya magnesium
Makanan kaya magnesium seperti buncis, tahu, dan kacang diyakini mengurangi kembung pada perempuan yang sedang menstruasi.
6. Jangan lupakan vitamin
Konsumsilah vitamin yang banyak, terutama vitamin E yang membantu mengurangi gejala-gejala PMS. Anda akan menemukannya di alpukat dan kuning telur. Vitamin b6 juga membantu mengatasi kembung dan memperbaiki mood Anda. Vitamin ini bisa ditemukan di kentang, pisang, dan oatmeal. Vitamin C dan zinc juga mendukung kesehatan reproduksi telur pada perempuan.
sumber :

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: