lailaberbagicerita

"Laa haula walaa quwwata illaa billaahil'aliyyil'adzhim." (Tiada daya & kekuatan kecuali dengan pertolongan ALLAH Yang Maha Tinggi lagi Maha Agung)"

Motivasi : Kerjakan Kebaikan Meski Tampak Remeh

pada Oktober 1, 2012

Tak perlulah kita menilai besar kecilnya suatu perbuatan baik. Sebab seringkali sebuah perbuatan yang tampak remeh justru harus kita lakukan demi kebaikan yang teramat besar. Kita tak tahu skenario apa yang akan berlangsung setelah itu. Mungkin perbuatan kita menyingkirkan paku dari jalan dipandang tiada berarti. Karena kita tak perlu melakukan apa-apa selain membungkuk, memungut dan meletakkannya di tempat yang aman. Namun, tindakan itu menghindarkan kaki seekor kuda yang tak bertapal dari sengatan tajamnya paku. Sehingga, sang pengendara kuda itu mampu sampai di garis depan pertempuran, dan memberitahukan pada para jendral bahwa perang telah usai. Perdamaian pun terselamatkan. Lakukan saja sebuah perbuatan baik seberapa pun kecilnya itu di mata banyak orang. Dan jangan sekali-kali kita menganggap orang lain lebih patut melakukannya. Keengganan kita dapat menghapus kebaikan. Dan, itu bisa jadi sebuah kejahatan.

Tak perlulah juga kita menilai besar kecilnya jasa perbuatan baik kita.Setiap tindakan, baik maupun jahat, memerlukan pelaku. Bila kita tak melakukannya, orang lain akan menunaikannya. Menilai-nilai perbuatan baik kita hanyalah permainan “ego” yang justru menghapuskan kebaikan itu dari diri kita sendiri.

Seperti, pasir kering tertiup angin; kita takkan berhak menggenggamnya, meski hanya sebutir lembut.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: