lailaberbagicerita

"Laa haula walaa quwwata illaa billaahil'aliyyil'adzhim." (Tiada daya & kekuatan kecuali dengan pertolongan ALLAH Yang Maha Tinggi lagi Maha Agung)"

Meringankan Nyeri Haid dengan Makan Ubi Jalar

pada September 30, 2012

1Jakarta, Ubi jalar tidak hanya mengandung karbohidrat tetapi juga nutrisi penting lain yang baik untuk tubuh. Ubi jalar juga mengandung senyawa mirip estrogen yang bisa meringankan nyeri haid.

Rasa sakit menstruasi biasanya disebabkan adanya kontraksi rahim. Selain itu bisa juga nyeri haid karena faktor hormonal (ketidakseimbangan hormon), psikis atau kecemasan berlebihan.

1Ubi jalar telah dikenal sebagai obat alternatif alami untuk terapi estrogen atau dehydroepiandrosterone karena penelitian laboratorium telah menunjukkan bahwa ubi jalar mengandung senyawa yang disebut diosgenin, yang dapat dikonversi menjadi steroid yang berbeda, seperti estrogen, seperti dilansir Livestrong, Senin (14/3/2011).

Ubi jalar dikenal dengan nama berbeda di setiap daerah, seperti American yam, caiapo, China root, colic root, wild yam, natural DHEA, fitoestrogen dan rheumatism root.

Untuk mendapatkan khasiatnya, ubi jalar bisa dimakan langsung dalam bentuk ubi rebus atau diolah menjadi makanan lain. Ubi jalar juga tersedia dalam bentuk bubuk dan pil di beberapa daerah.

Ubi jalar digunakan sebagai terapi pengganti estrogen, serta mengatasi masalah menstruasi, menopause dan osteoporosis. Kegunaan lain seperti mengurangi diverticulosis yaitu penyakit usus, keluhan kandung empedu, dan radang sendi.

Selain itu, ubi jalar juga banyak mengandung beta karoten (di dalam tubuh berubah menjadi vitamin A). Vitamin A dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, karena salah satu garis pelindung pertama pertahanan tubuh adalah kulit. Vitamin A berperan dalam produksi jaringan ikat yaitu komponen kunci dari kulit.

Ubi jalar juga mengandung dosis karbohidrat yang sehat tanpa menyebabkan lonjakan gula. Aliran energi ini dapat membantu Anda tetap fokus selama berjam-jam dan juga akan menjaga kadar energi.

Tapi sebaiknya hindari ubi jalar jika Anda memiliki masalah kesehatan yang semakin memburuk karena meningkatnya estrogen dalam tubuh, menurut Natural Medicines Comprehensive Database.

(mer/ir)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: