lailaberbagicerita

"Laa haula walaa quwwata illaa billaahil'aliyyil'adzhim." (Tiada daya & kekuatan kecuali dengan pertolongan ALLAH Yang Maha Tinggi lagi Maha Agung)"

~ Mentega vs Margarine ~

pada Juli 31, 2012


Seringkali orang keliru membedakan apa itu margarine dan mentega. Atau malahan tidak mengetahui perbedaannya karena menganggap, margarine dan mentega itu sama, padahal jauh berbeda. Apa saja perbedaannya, mari kita bahas ya…

Yang pertama adalah bahan bakunya. Pada dasarnya yang membedakan margarine dan mentega adalah bahan baku pembuatannya. Mentega berasal dari lemak hewani, sedangkan Margarin berasal dari lemak nabati. Masyarakat awam seringkali kesulitan membedakan margarine dan mentega karena sama-sama berwarna kekuningan, namun sebenarnya dapat dibedakan dari teksturnya. Mentega umumnya lebih pucat dan akan cepat meleleh di dalam suhu ruang dibandingkan dengan margarine.

Perbedaan yang kedua adalah kandungan yang ada di keduanya. Mentega yang berasal hewan, memiliki kandungan vitamin A, D, E, K yang tidak larut dalam air. Efeknya pun lebih baik dibandingkan dengan margarine, yaitu memberikan rasa kenyang yang lebih lama serta aromanya lebih kuat. Sedangkan margarine, karena berasal dari tumbuhan memiliki kandungan lemak yang sedikit tetapi kadar airnya tinggi.

Yang ketiga adalah karakteristiknya. Uniknya margarine dan mentega memilki kelemahan dan kelebihan masing-masing yang sebenarnya dapat saling melengkapi. Mentega memiliki aroma yang enak, tetapi terlalu lembut dan daya emulsinya kurang, sehingga jika digunakan dalam kue akan menghasilkan tekstur kue yang kurang kokoh. Margarin lain lagi, aroma margarine tidak seenak mentega, tetapi daya emulsinya bagus, sehingga dapat menghasilkan tekstur kue yang bagus. Melihat hal tersebut, seringkali orang memakai mentega dan margarine secara bersamaan dalam pembuatan kue, dengan perbandingan 1:1 untuk mendapatkan aroma yang enak serta tekstur kue yang memuaskan.

Untuk mempermudah pembedaannya, umumnya merek mentega yang ada di pasaran Orchid, Wysman, Elle & Vire, dsb. Sedangkan Margarine itu umum nya ada pada merek Blue Band, Simas, Palmboom, dsb.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: