lailaberbagicerita

"Laa haula walaa quwwata illaa billaahil'aliyyil'adzhim." (Tiada daya & kekuatan kecuali dengan pertolongan ALLAH Yang Maha Tinggi lagi Maha Agung)"

Rumus Sakti Untuk Kesehatan, volume minum air sesuai usia

pada Juni 5, 2012

Halaw kawan dan kawati sekalian.

Sekedar kepingin untuk berbagi tips untuk kesehatan kita bersama.

Memang mungkin minum air adalah sesuatu yang biasa bagi kita namun sebenernya SANGATLAH penting.

Kalo kita sering denger dimana2 orang bilang minum itu harus 2 liter seharinya.

Tapi sebenernya setiap orang mempunyai kadar kebutuhan asupan air yang berbeda-beda.

Nah Bagaimana cara itungnya?

Bagi yang demen mencetin kalkulator atau bersempoa inilah rumusannya.
Pertama kita harus tau dulu kebutuhan air per kilogram berat badan kita. Kebutuhan ini tergantung umur kita juga. Berikut detailnya:Kebutuhan Harian
Bayi – umur 25 tahun: (1). 100mL/kg untuk 10kg pertama (2). 50mL/kg untuk 10kg lanjutnya (3). 20mL/kg untuk tiap kg di atas 20kg
Umur 25-55 tahun: 35mL/kg Berat badan
Umur 55-65 tahun: 30mL/kg Berat badan
Umur >65 tahun: 25mL/kg Berat badan

Kedua, barulah kita hitung dengan rumusan berikut:
Kebutuhan Air x Berat Badan = kebutuhan air setiap harinya

Jadi, contoh:
Umur: 25 thn, berarti menurut keterangan diatas perlu 35 mL/kg.
Berat: 60kg
So itungannya adalah: 35ml/kg x 60kg = 2100mL / 2.1 Liter
Ya sekitar 8-10 gelas air, 2 botol air besar.
Mudah kan cara ngitungnya? Inget lo, tubuh kita perlu banget air yang cukup untuk bisa berfungsi dengan maksimum. Kalo misalkan kalian pada panik ‘WAH gw gak cukup minumnya nih!’ Jangan terlalu khawatir. Kemungkinan besar kebutuhan asupan air kita tidak sekurang yang kita bayangin. Misalkan kita makan sup, makan semangka atau buah2an lainnya ada juga asupan air. Jadi jangan terlalu panik. Tapi at the same time cobalah biasakan minum air yang banyak karena tubuh kita lebih mudah mentolerir kebanyakan air daripada kekurangan air!

Jurus ini dikasih tau oleh Dr. dr. Luciana B Sutanto, Ms. SpGK. Mudah2an infonya membantu. Kalo mau tambahan info silahkan:
http://female.kompas.com/read/2011/0…inum.Air.Putih

Don’t forget to live healthy folks!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: