lailaberbagicerita

"Laa haula walaa quwwata illaa billaahil'aliyyil'adzhim." (Tiada daya & kekuatan kecuali dengan pertolongan ALLAH Yang Maha Tinggi lagi Maha Agung)"

Musibah adalah kebaikan

pada Juni 5, 2012

Seorang muslim apabila mendapatkan ujian maka bersabar, ini kebaikan untuknya, oleh karena itu dalam hadits yang diriwayatkan dari Imam Bukhari dan Imam Muslim, Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda:

“Sungguh menakjubkan urusan orang-orang yang beriman itu. Sesungguhnya semua urusannya adalah baik, dan itu tidak dirasakan siapapun kecuali orang yang beriman. Kalau dia ditimpa kesenangan dia bersyukur, maka itu adalah kebaikan baginya, dan apabila dia ditimpa kesusahan dia bersabar, maka itu adalah kebaikan baginya.”

Inilah keadaan seorang muslim, diberi kenikmatan ia bersyukur sehingga kebaikan yang ia dapatkan, tertimpa musibah dia bersabar, kebaikan lagi yang dia dapatkan. –subhanallah-hanya orang yang beriman saja yang diberikan hal ini. Terlebih lagi kesabaran itu memiliki faedah-faedah yang sangat besar, orang yang bersabar akan dicintai oleh Allah.

Para ulama mengatakan, bahwa sabar ada tiga:

PERTAMA: Sabar dalam menjalankan ketaatan.

KEDUA: Sabar dalam meninggalkan larangan.

KETIGA: Sabar dalam menerima ketentuan dari Allah subhanahu wa ta’ala.

Pembahasan sabar ini sangat panjang, namun disini saya ingin membawakan satu kalimat, agar diingat oleh semua. Bahwasanya musibah bagi orang yang beriman adalah suatu kebaikan, walalupun secara kasat mata terlihat tidak baik, namun pada hakekatnya musibah tersebut baik untuknya jika dia beriman. Sebab dalam sebuah hadits dari Abu Hurairah, riwayat Bukhari disebutkan:

“Barangsiapa yang Allah kehendaki kebaikan, maka Allah akan menimpakan kepadanya musibah”

Perhatikan, orang yang Allah kehendaki kebaikan akan ditimpakan musibah, artinya orang yang tidak ditimpa musibah tidak Allah kehendaki kebaikan, ini menunjukkan bahwa musibah itu pada hakekatnya adalah kebaikan untuk hamba, kebaikan dari sisi apa? Diterangkan dalam hadits lain riwayat Tirmidzi dari Abu Hurairah Radhiyallahu’anhu:

“Terus menerus cobaan dan malapetaka memimpa mukmin dan mukminah, pada hartanya, pada dirinya, pada kehormatannya, di terus mendapat cobaan, hingga dia berjalan di muka bumi tanpa menyandang satu dosapun.”

Ternyata cobaan-cobaan tersebut menggugurkan dosa-dosanya, hakekat ini butuh untuk diketahui, jika yang seperti ini tidak dipelajari, maka ini tidak berbekas dalam hatinya, mungkin secara umum ummat islam tau bahwa sabar itu bagus, terpuji, tapi arti sabar itu apa?

Keutamaannya di dalam Al Qur’an dan Sunnah? Ini perlu kita dengarkan ayat-ayat dan hadits

yang menerangkan tentang hal tersebut.

وإذا أذنب استغفر

“…jika terjatuh dalam dosa beristighfar…”

Seorang muslim hendaknya selalu memohon ampun, bertaubat kepada Allah, sebab jika dia tidak seperti itu dia akan hidup di muka bumi dengan penuh kesewenang-wenangan, dia akan merasa dirinya tidak pernah diatur oleh Allah, merasa tidak diawasi oleh Allah subhanahu wa ta’ala, sebab dia merasa dirinya tidak pernah berdosa, tapi jika dia merasa dirinya sering bersalah, khawatir akan diberikan siksa oleh Allah dosa-dosanya, iapun selalu berusaha instrospeksi diri, membersihkan dirinya, maka disini letak kebahagiaan seorang hamba, bahagia betul hidupnya, akan terasa sangat nikmat kehidupan seorang hamba.

Dan dikatakan disini bahwa ketiga masalah ini; jika diberi bersyukur, jika mendapat ujian bersabar, serta jika berdosa beristighfar, sesungguhnya tiga hal itu adalah lambang kebahagiaan kebahagiaan.

Dalam agama, ada kiat-kiat yang dengan hal tersebut seorang hamba mendapatkan kebahagiaan didunia, lambangnya adalah tiga perkara yang telah kita sebutkan, yang disebutkan disini oleh Syaikh Muhammad bin ‘Abdil Wahhab –rahimahullaahu ta’ala


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: