lailaberbagicerita

"Laa haula walaa quwwata illaa billaahil'aliyyil'adzhim." (Tiada daya & kekuatan kecuali dengan pertolongan ALLAH Yang Maha Tinggi lagi Maha Agung)"

Gelombang Energi Otak

Setiap makhluk hidup memiliki otak tuk berpikir..khususnya manusia, yang menggunakan otaknya tuk berpikir dalam kehidupan sehari-hari..

Otak tak berhenti bekerja, bahakn ketika tidur sekalipun..gelombang otak tak berhenti bekerja, namun berkurang keaktifannya..

Dalam rutinitas kerja, otak “dipaksa” berpikir keras, sehingga menjadi tegang dan organ tubuh yang lain menjadi ekstra aktif dan tubuhpun tidak tenang..
Dalam kondisi “tidak tenang” ketika gelombang otak aktif bekerja ekstra ini, maka manusia membutuhkan relaksasi gelombang otak..

Dalam Islam, umat Islam diberikan 5 waktu tuk merelaksasikan gelombang otaknya..melalui suara adzan, umat Islam mengalami “shock terapi otak Islam”, yaitu :

1. Mendengar dan menjawab adzan
2. Membasuh wajah dengan wudhu
3. Menjaga lisan setelah wudhu
4. Sholat sunnah sebelum sholat wajib
5. Khusyuk dalam sholat wajib
6. Tafakur ba’da sholat wajib
7. Sholat sunnah ba’da sholat wajib

Umat Islam yang taat beribadah sholat, secara tidak langsung melakukan sirkulasi darah di otak dan seluruh tubuh..
Sedangkan bagi manusia yang tidak melaksanakan sholat, maka dibutuhkan rutinitas lainnya, seperti olah raga tuk “memaksa” sirkulasi darah di otak dan seluruh tubuhnya..

Tinggalkan komentar »

Wisata Menteng

Masku libur..jarang-jarang bisa jalan-lan santai sama suami..begitu ada kesempatan..yuks..jalan-jalan santai masku..
=)
bingung mau jalan ke mana..kalo ke mall, sekarang bukan jadwalnya belanja bulanan..hehe..
berpikir sesaat..akhirnya..
“yuks ke taman2 aja mas..jalan-jalan plus olah raga..”
sempat bingung sih, taman mana, karena sekitar tempat tingal, taman pun ala kadarnya wujudnya..
bersyukur tanya ke mbah google..ketik taman..dan akhirnya keluarlah finalis2 taman tersebut..dan yang paling menarik ya di Menteng..
yuks ikut jelajah medan kami di sebagian wilayah Menteng..hehe pamer kesiangan, warga Jakarta tp “lupa dengan kekayaannya”
  • Masjid Agung Sunda Kelapa (MASK)
Nah pertama kali kami singgah di Masjid Agung Sunda Kelapa dulu..sholat ashar biar tenang jalan-jalan santainya..
Subhanallah..sejuk hati ketika di dalam Masjid..
Baru sadar, ketika dipandang2, mewah lho MASK ini..padahal Uni ku nikah di masjid ini..hehe..
Selesai sholat ashar, makan tongseng..wih bener apa kata temen2 bloger, klo tongseng MASK masuk ranking makanan enak di Jakarta..
oya..subhanallah..setiap ba’da magrib, di MASK ada kajian pengajian..
pokoke rasanya, di dalam MASK ini serasa lg bulan Ramandhan aja..subhanallah..
  • Taman Suropati
dari MASK qta jalan..nyebrang sedikit, sampai deh ke Taman Suropati..Rame n seru terlihat di taman ini..beda sama aman2 di lingkungan perumahan yg terkesan seperti ruang kosong alakadarnya..tap di Taman Suropati ini rindang n penuh dengan aktivitas masyarakt..ga cuma masyarakat sekitar deh rasanya, kynya masyarakt jauh2 jg datang kesi (ya ky laila, jauh2 ke Menteng, hehe..)
banyak aktivitas di Taman Suropati ini, antara lain, latihan biola, olah raga, bermain, bahkan santai2 di bawah pohon..
oya..jalan refleksi kaki di sini..tajaaaaam bgt..tp lumayan bersih yg dibagian tengah, kecuali yg di bagian pojokan sudah mulai pecah2 n berlumut..
jadi..mau olah raga sekalian bersantai menghirup Oksigen segar, ya di Taman Suropati referensinya..
  • Taman Danau Situ Lembang
nah..jalan sedikit lagi deh dari Taman Suropati, qta sampai deh Taman Situlembang..seru juga jalan dari Taman Suropati ke Taman Situlembang, selain pohonnya besar2 n rindang, qta juga lewatini beberapa kedutaan besar..senyum2 sama security nya..eh dicuekin..hiks…..
nah begitu sampai Taman Situlembang, ramai orang2 mancing..trus anak kecil juga lebih ramai di sini dibandingkan Taman Suropati, karena di sini banyak arena bermain anaknya..mulai ayunan, jungkat-jungkit sampai alat olah raga tuk umum..
duduk santai..mandang danau penuh dengan bunga teratai n eceng gondok..sambil makan tahu gejrot…..wih berasa santai bgt..hehe..
  • Taman Menteng
nah klo taman ini ga sempat dikunjungi, karena waktu sudah terlalu sore, kami memutuskan tuk kembali ke MASK supaya bisa jamaah sholat Magrib..tp next time penasaran juga nih mau ke Taman Menyeng..jadi sementara liat gambarnya dulu di google..hehe..

2 Komentar »

Resep Rendang Padang

rendang daging

Rendang makanan asli daerah mamaku..sebenenarnya blom pernah bikin rendang sendiri sih..hehe..cuma seneng aja lihat mama masak rendang, apalagi menjelang Idul Fitri..Lebih enak lagi ditambahkan kentang kecil, paruh, atau telur puyuh..wih rame deh isi rendangnya..hehe..Rendang Daging ini lebih enak disajikan jika dagingnya lunak. Agar daging  mudah lunak, usahakan daging direbus dahulu (pake presto lebih cepat empuk, jangan dibuang ya air rebusannya) lalu daging dimemarkan.

Resep Bahan Rendang Daging :

  • daging sapi has 500 gram, potong-potong
  • santan kental 1000 ml
  • santan cair 1000 ml (santan kental dan cair dari 3 butir kelapa)
  • serai 2 batang, memarkan
  • daun jeruk purut 5 lembar
  • daun kunyit 1 lembar, sobek-sobek
  • asam kandis 2 buah

Resep Bumbu Halus Rendang Daging :

  • cabe merah 250 gram
  • bawang putih 4 siung
  • bawang merah 10 butir
  • jahe 1 cm
  • kunyit 2 cm
  • lengkuas 4 cm
  • garam secukupnya

Cara Membuat Rendang Daging :

  1. Rebus santan cair, serai, daun jeruk, daun kunyit, asam, bumbu halus dimasak hingga mendidih. Masukkan daging yang sudah dipotong-potong, masak lagi hingga santannya kental.
  2. Masukkan santan kental. Masak hingga hampir kering. Aduk-aduk hingga rendang kecokelatan dan berminyak.
  3. Sajikan.

Untuk 6 porsi

2 Komentar »