lailaberbagicerita

"Laa haula walaa quwwata illaa billaahil'aliyyil'adzhim." (Tiada daya & kekuatan kecuali dengan pertolongan ALLAH Yang Maha Tinggi lagi Maha Agung)"

Resep Bakso Malang

1

Resep Bakso Malang

Bagi anda yang suka bakso tak ada salahnya jika mencoba resep bakso malang komplit enak gurih berikut ini.
Rasa bakso dan nikmatnya kuah memang sudah menjadi ciri khas tersendiri dari makanan yang satu ini.

Bahan resep bakso malang :
350 gram daging sapi
4 siung bawang putih
1/2 sendok teh merica
50 gram tepung sagu
3 sendok teh garam
100 cc air es
1 butir telur

Bahan kuah bakso malang :
2 batang daun bawang lalu diiris
1/2 sendok teh merica
600 gram tulang sapi
6 siung bawang putih
3 sendok teh garam
2 liter air

Bahan pelengkap bakso malang :
10 tahu goreng, potong serong dan toreh sedikit
10 lembar kulit pangsit lalu digoreng
Bawang goreng secukupnya
150 gram mie kuning basah
Sambal rebus

Cara membuat bakso malang :
¤Pertama buat bumbu halus
yaitu bawang putih, merica,
dan garam dihaluskan
¤Kemudian daging sapi digiling
sampai halus
¤Masukkan tepung sagu, bumbu
halus, telur, dan air es lalu aduk
hingga rata sambil dibanting-
banting supaya merata sempurna
¤Pisahkan sebanyak 1/3 adonan
untuk isian tahu
¤Rebus air hingga mendidih,
lalu angkat dan sisihkan
¤Buat adonan menjadi bentuk
bulat bakso dengan 2 tipe
yaitu besar dan kecil
¤Jumlah bakso kecil tentunya
kita buat lebih banyak
daripada bakso ukuran besar
¤Celupkan bakso ke dalam rebusan air yang sudah disiapkan sebelumnya
¤Lakukan proses tersebut hingga adonan habis
¤Kemudian bakso dimasak
kembali sampai mengapung,
lalu angkat dan tiriskan
¤Sisa sebanyak 1/3 adonan
bakso, maka dimasukkan
ke dalam tahu dan dikukus
beberapa menit saja

Cara membuat kuah bakso:
¤Pertama buat bumbu halus
dengan cara bawang putih,
merica, dan garam dihaluskan
jadi satu
¤Didihkan air bersama dengan
bumbu halus dan tulang,
setelah mendidih maka kuahnya disaring
¤Taburkan daun bawang pada
kuah bakso, lalu angkat
¤Siapkan mangkuk saji
kemudian ditata dengan
urutan mie, bakso, dan tahu
¤Tuangkan kuah bakso,
taburkan daun bawang dan
bawang goreng di atasnya

1 Komentar »

Resep Ayam Goreng Asam Manis

L

Bismillaahirrahmaanirrahiim

Bahan :
300 g daging ayam, potong 3x4x ½ cm
1 siung bawang putih, parut
½ sdt merica bubuk
1 sdt garam
1 butir telur ayam, kocok rata
100 g tepung kanji
Saus Asam Manis :
30 g bawang bombay, cincang
1 siung bawang putih, cincang
50 g paprika merah, iris kasar
2 sdm saus cabai botolan
3 sdm saus tomat botolan
250 ml air
1 sdm air jeruk nipis
1 sdt gula pasir
1 sdt garam
2 sdt tepung kanji, larutkan dengan sedikit air

Cara membuat :
Aduk irisan ayam dengan bawang putih, merica dan garam hingga rata.
Tambahkan telur, aduk rata.
Taburi tepung kanji, aduk hingga rata.
Goreng potongan ayam sambil ratajan tepungnya hingga kering dan matang. Angkat dan tiriskan.
Saus Asam Manis:
Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga layu dan matang.
Masukkan paprika, aduk hingga layu.
Tambahkan bahan lainnya.
Masak hingga mendidih dan kental. Angkat.
Sajikan ayam dengan Sausnya.
Untuk 6 orang
—–
sumber :
http://food.detik.com/read/2012/01/19/153641/1820069/358/resep-ayam-ayam-goreng-asam-manis

1 Komentar »

Resep Oseng-Oseng Mercon

LBismillaahirrahmaanirrahiim

Bahan-bahan untuk Resep Oseng Oseng Mercon :
- 300 gram tetelan, dipresto hingga empuk
- 2 lembar daun salam
- 2 batang serai, diambil putihnya, memarkan
- 1 cm lengkuas, dimemarkan
- 1 sendok makan kecap asin
- 1 sendok teh garam
- 1/4 sendok teh merica bubuk
- 1/4 sendok teh gula pasir
- 400 ml air kaldu
- 2 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu tumbuk kasar buat Resep Oseng-Oseng Mercon :
- 3 buah cabai merah keriting
- 5 buah cabai rawit merah
- 5 butir bawang merah
- 3 siung bawang putih

Cara membuat Resep Oseng-Oseng Mercon :
Panaskan minyak. Tumis bumbu tumbuk kasar, daun salam, serai dan lengkuas sampai harum. Aduk rata
Masukkan kecap manis, garam, merica bubuk, dan gula pasir. Aduk rata
Tuang air kaldu. Masak sampai matang dan sedikit berkuah

—–
sumber :
http://duniaresep.info/resep-nusantara-resep-oseng-oseng-mercon-duniaresep-info.aspx

//

Tinggalkan komentar »

Resep Bakwan Bayam

L
Bismillaahirrahmaanirrahiim
Resep Bakwan Bayam

Bakwan sebagai pelengkap memang bisa menjadi teman makan nasi yang cocok.

Selain bisa di jadikan pelengkap bakwan bisa juga menjadi camilan diwaktu senggang.
Sajikan dengan cabai rawit hijau sebagai pendampingnya.

Bahan-bahan/bumbu-bumbu :

Bahan:
1 ikat (50 gram) bayam, disiangi
50 gram taoge
150 gram wortel, diserut kasar
200 gram tepung terigu protein sedang
25 gram tepung beras
25 gram tepung sagu
1 butir telur, dikocok lepas
1 batang daun bawang, diiris halus
200 ml air
minyak untuk menggoreng

Bumbu Halus:
3 siung bawang putih
1 1/4 sendok teh garam
1/2 sendok teh merica

2 buah cabai rawit merah
1/2 sendok teh gula pasir
1 cm kunyit, dibakar

Cara membuat:
Aduk rata tepung terigu, tepung beras, tepung sagu, bumbu halus, air, dan telur.
Masukkan bayam, taoge, wortel, dan daun bawang. Aduk rata.
Sendokkan dalam minyak yang sudah dipanaskan.
Goreng dengan minyak yang sudah dipanaskan diatas api sedang sampai matang.

Untuk 20 buah
—–
sumber :
http://www.sajiansedap.com/recipe/detail/11979/bakwan-bayam
Tinggalkan komentar »

Ternyata Om Ku SPOG..Disarankan HSG dan Tes Sp*rm*

Jakarta, 24 Januari 2013

Subhanallah..

Itulah yang aku ucapkan pertama kali. setelah 1 tahun aku bergelut dengan program hamil, ternyata aku bulan Januari ini diingatkan oleh Tante ku, bahwa keluarga besar nenek ku adalah seorang SPOG senior di sebuah RS terkemuka di Jakarta.

Semua bermula dari musibah keluarga besar alm papaku, nenek meninggal dunia. ketika nenek hendak dimakamkan, mk di saat itulah semua keluarga besar akan berkumpul. mendoakan almh nenek dan menjadi sarana silaturahim keluarga besar yang sudah lama tidak berkumpul. Di saat itulah, Tante ku yang selama ini cukup perhatian dg kisah hidupku yg belum dikarunia adik kecil, memperkenalkanku dengan Om ku tsb. terlihat sekali si om kaget ya. secara sdh berpuluh2 tahun aku ga pernah kenal dg si Om tau2 dikenalin, dan tante curhat ttg kondisi ku yg belum pernah hamil.

Kami ngobrol cukup singkat tp padat, mulai dari kista ku, laparoskopi ku, hydro ku. dan rasanya aku udah cukup pintar ya dg semua istilah2 itu semua. hehe.. Karena keterbatasan waktu si Om, akhirnya si Om pamitan pulang, tp entahlah krn merasa aku sbg keponakannya (yg ga tau kelahirannya tau2 udah jd keponakan aja di usia segini, hehe..) atau kah krn merasa tidak enak, Om menawarkan tuk konsultasi di RS tempat prakteknya.

Sepulangnya dari pemakaman nenek, aku merenung atau tepatnya terbawa mimpi sdg konsultasi program kehamilan dg si Om. Sepertinya kehamilan sdh menjadi pikira sehari2 ku atau bahkan sedetik2ku. bangun dari tidur, aku segera menceritakan keinginanku tuk konsul di RS si Om. Tp dalam hati terdalam, aku sadar, suamiku akan berat hati. Dan ternyata benar, dg alasan A B C dan Z, suamiku berat hati. Aku tau, intinya karena si Om adalah LAKI2 (ya iyalah klo tante baru PEREMPUAN, masku..) Memang itulah alasannya aku selama ini bergemelut dg SPOG perempuan, mulai dari dr Bote, dr Sawitri, dr Sri, dan terakhir dr Oni, ya tidak lain karena mereka semua adalah PEREMPUAN. Aku mulai sedikit menarik urat ktk berdiskusi dg suami. Aku bahas itu adalah Om ku, keluarga ku (walaupun jujur sampai skrg aku ga tau silsilah rincinya dalam keluarga besar nenek ku, yg aku tau adalah si Om merasa berhutang budi dg nenek ku, krn semasa kuliah kedokteran, kakek ku sempat membantu biaya kuliah si Om, mk jadilah hutang budi si Om ditebus dg cara mengGRATISkan setiap keturunan nenek kakek ku yg konsul dg nya, mulai dari tante2 ku bahkan sampai sepupu2 ku) jadi aku berpikir suami ku tdk seharusnya merasa aku akan diperiksa oleh Laki2 bukan mahram ku. Perlu dicatat, suami cukup kuat pemikiran dan pendapatnya jk berkaitan dg agama (Alhamdulillah aku bersyukur itu ya ALLAH). Singkatnya, dg berbagai tangkisan2ku thd jawaban suami ku, akhirnya suami ku mengangkat bendera putih. Dia mengizinkanku tuk konsul ke Om ku. (aku merasakan sedikit keberatan hati suami ku, maaf ya mas..)

Datanglah aku ke RS praktek Om ku. aku sudah diultimatum oleh sepupu, tuk menyebutkan jati diriku, bahwa aku adalah cucu nenek, pada awal konsultasi, kata nya sih supaya rekam medisku ditandai dg simbol tertentu oleh si Om, dan sudah pasti efeknya diGRATISkan (nah jujur, sebenernya aku ga mau nih diGRATISin, risih pastinya, tp klo ga dilakukan nanti aku dianggap seperti pasien biasa dong, apa bedanya klo gitu, aku ga dikasih perhatian extra dong, pdhl tujuan ku konsul dg si Om supaya aku dikasih perhatian lebih, obat terbaik, dan pastinya sukses hamil, aamiin). Dengan berat hati, aku akhirnya memutuskan tuk bilang dan bangga kalau aku adalah cucu nenek.

Masuklah aku ke ruang konsul. dan benar apa perkiraan suamiku, klo si Om pasti lupa sama kami (ya iya lah wong qta ketemuannya cm sbentar, mas. tetep membela diri. hehe). selesai mengingatkan memori si Om ttg jati diriku, si Om meminta suster memeriksa payud*r* ku, entah apa tujuannya, seperti tuk mengetahui kondisi ku bermasalah atau tidak tuk penyakit akut lainnya. Alhamdulillah payud*r* ku dinyatakan normal oleh suster, yg artinya tidak kering dan tidak mengkerut kata suster. Selanjutnya aku di USG. Ini pertama kalinya aku mengalami USG melalui perut, karena selama 1 thn lalu dg semua spog perempuan ku, aku slalu USG Transvaginal. ternyata ga beda jauh penampakan USG Perut dg USG TransV. Alhamdulillah Om bilang klo kistaku sdh bersih, rahim baik, sel telur belum terlihat krn aku datang bukan di saat masbur.

Selesai melakukan pemeriksaan USG, aku siap berkonsultasi dg si Om. Kami cukup jelas mendengarkan penjelasan si Om (alhamdulillah aku cocok ya ALLAH, batinku) Lalu om menanyakan dan mencatat semua riwayat tindakan medis dari spog ku sebelumnya, aku ceritakan semua, termasuk tindakan hydro.

Si Om malah bertanya “Emang tuba kamu tersumbat ?”,

aku jawab “kurang tau om, tp pas selesai hydro sih katanya ga tersumbat, om.”

“Lho emangnya hasil HSG nya bgmn ?”

“HSG ? apa tuh om ?”

“lho emang blom HSG ? tp langsung hydro ?”

“iya om, langsung Hydro ga pernah HSG”.

Dengan muka berpikir (entahlah berpikir apa, tp aku yakin hal ini lumrah, karena memang walaupun sama2 SPOG pasti memiliki perbedaan pandangan dan metode) akhirnya si Om memberikan rujukan ke aku tuk HSG, dan lagi2 si Om menunjukkan muka aneh setelah mengajukan pertanyaan berikutnya

“analisi sp*rm* suami nya mana ?”

“ini Om, waktu awal2 tahun lalu, dari RS Hermina”

“Wah ini kurang bagus, udah dikasih obat apa aja ?”

“Ga ada Om, kan saya kena kista, jd fokus ke saya” Memang seingat aku, suamiku cm 1x melakukan tes sp*rm* ktk dg dr Sawitri, emang sih sempat dibilang kurang bagus dan disarankan ke dr Androlog. Tp karena saat itu aku lebih banyak curhat ttg kistaku, mk suami pun jd lebih fokus ke pengobatan kistaku.

Dg sedikit menghela napas, si Om mulai membuka penjelasan kembali “Begini ya, kalo om berpikir program kehamilan seharusnya dimulai dg menganalisa kondisi suami dulu, karena klo suami mudah menganalisanya, cukup analisa sp*rm* aja. Kalo sp*rm* suami ga ada masalah, maka baru bisa lanjut ke program hamil ke pemeriksaan istri, krn pemeriksaan istri itu banyak dan lebih sulit, mulai dari sel telur, saluran tuba, hormon, dan faktor lainnya. Nah klo udah panjang2 periksa kondisi istri, tp suami sendiri belum tau kondisinya, ya agak sia2, kan sumber awal kehamilan itu berasal dari sp*rm* suami yg berkualitas.”

Kembali menghela napas ku lihat si Om. “Ya udah, klo gitu suami cek sp*rm* ya, trus suami selama ini sering pake celana jeans ya ?”

“Ga Om, ga pernah malah” jawab suami ku.

“soalnya sp*rm* ga boleh panas dan sempit.”

“klo pake celana berlapis2 salah dong om ?” tanya suamiku

“Ya iya salah dong, spermanya jd kepanasan. emang kamu pake celana berlapis2 ? ngga kan ?”

“iya Om, berlapis2, 3 lapis om” jawabku

“hah…3 lapis ? apa aja ?” muka penasaran si Om

“CD, Celana pendek, trus celana panjang, Om” rinci ku, ku lihat suami sedikit malu, krn privasi nya terbuka juga

“Wah ga perlu segitu nya, ga bagus itu. trus CD nya masih yg ketat ya, coba skrg mulai di coba, justru ga usah pakai CD, langsung celana pendek aja, jd bagian yg memproduksi sp*rm* leluasa mendapat udara jd ga panas” terlihat suamiku manggut2. Alhamdulillah suamiku bisa menerima nasehat Om dengan hati terbuka.

“Ok..klo gitu ini obat tuk kamu ya, ovacare, supaya bagus telur nya. Dan untuk suami, oligocare, supaya bagus sp*rm* nya. Bulan depan bawa hasil HSG dan analisis sp*rm*. Bulan depan kita cek ukuran telur dg USG Transvaginal ya. Cukup dulu tuk awal konsultasi kita ya.” demikian penutup kata2 si Om

“Iya Om, terima kasih ya Om.” dengan perasaan puas kami salaman cium tangan dg si Om tuk pamitan, eh si Om tiba2 bilang “sus,  tolong kasih itu ke keponakan saya ya.”Aku bingung apa yg suster kasih ke kami, karena selain, rujukan HSG, analisis sp*rm*, resep obat, aku juga dikasih kertas putih. dengan perasaan ga paham, aku terima aja itu kertas.

Sampai lah kami di kasir. eh ternyataaaaaa..kertas putih itu kertas keterangan pengembalian uang biaya konsul. krn RS ini cukup unik, yaitu pembayaran konsul dilakukan di awal sebelum masuk ruang konsultasi dokter. Kami kaget. Ga enak dan sedikit bersyukur bisa menghemat biaya. Seharusnya kami menebus obat di Apotik RS, namun karena aku sdh pernah mendengar wanti2 sepupu klo si Om akan memberikan obat yg harganya cukup mahal kami khawatir uang kami tdk cukup, kan malu nanti sama apotekernya, krn kondisinya kami sdg menghemat, krn ingetkan akhir tahun aku bilang ga mau promil eh tau2 awal tahun udah promil, sdgkan kondisi keuangan kami sdg awal2nya merintis, krn kami baru saja melakukan pembayaran rumah kontrakan tuk 2 tahun ke depan (eh kok jadi curhat ya…hehe..). Akhirnya kami memutuskan, untuk menebus obat di Apotik Rini kawasan Rawamangun, krn terkenal lengkap dan lebih murah harga obat2nya.

Sebelum keluar RS, ternyata ketemu si Om yg mau praktek ke RS lainnya. ya aku samperin dan salaman trus bilang “Om terimakasih ya, saya ga nyangka kok diGRATISin”. si Om dengan senyum2 bilang “ya udah, gpp. salam tuk keluarga ya.” Subhanallah..semoga ALLAH memberkahi kehidupan Om sekeluarga, aamiin..hanya itu yg terucap di batinku.

Sesampainya di Apotik Rini. Apoteker bertanya, “bu..ini tanda apa ya ?” menunjukkan ke aku ttg simbol kecil di atas kertas resep yg diberikan si Om. “saya kurang paham pak.” jawab ku. “oo..ya sudah klo gitu jumlah semuanya Rp sekian, ya bu”jawab si apoteker.

setelah membayar dan menerima obat, aku memberitahukan ke suami ttg perihal tanda simbol tsb, kebetulan kami punya resep warna merahnya (yg seharusnya disimpan oleh pihak apotik RS). Suami jg sempet bingung itu simbol apa. dan Subhanallah, tiba2 aku terpikirkan “mas….jangan2 itu simbol dari Om klo dia ga minta bagian persenan dia dari harga obat yg diresepin ?” “oooiya..bisa jg sih..”

Subhanallah…tak henti2 batin ini mendoakan si Om. Barakallah Om ku..aamiin..

=La!La=

Dalam keheningan malam.

Berserah Diri kepada MU ya ALLAH swt.

Lindungi hamba ya ALLAH swt

4 Komentar »

Resep Cake Ubi Jalar

LBahan :
250 g ubi jalar kukus
8 butir telur
200 g gula pasir
250 g margarin
175 g tepung terigu
½ sdt vanili
½ sdt baking powder
½ sdt TBM

Cara membuat :

Blender ubi jalar kukus hingga berbentuk pasta dengan menggunakan 1 butir telur
Kocok margarine, vanili, baking powder, dan TBM sampai tercampur rata
Kocok telur dan gula pasir sampai kembang (adonan berwarna putih)
Masukkan adonan telur ke dalam adonan margarin sedikit demi sedikit sambil dikocok dengan kecepatan tinggi
Masukkan adonan pasta kemudian tepung terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan spatula
Tuang ke dalam loyang berukuran 20×20 cm yang telah dioles margarin dan ditaburi tepung
Panggang selama ± 45 menit

Hasil : 32 potong
—–
sumber :
http://bengkulu.litbang.deptan.go.id/ind/index.php?option=com_content&view=article&id=179%3Acake-ubi-jalar&catid=167%3Apasca-panen&Itemid=168

//

3 Komentar »

Resep Lemper Ayam

L
Kue Lemper Ayam sering sekali disajikan pada saat acara arisan. Kue ini cukup digemari dan selalu menjadi santapan yang laris manis.

Resep Bahan Lemper Ayam :
500 gram beras ketan putih, rendam 2 jam, tiriskan
250 ml santan dari 1 butir kelapa
1 sendok teh garam
2 lembar daun pandan, buat simpul

Resep Bahan Isi Lemper Ayam :
1/2 ekor atau 1 kg ayam, rebus lunak, angkat, tiriskan
1 lembar daun salam
1 batang serai, memarkan
200 ml santan dari 1/2 butir kelapa

Resep Bumbu Lemper Ayam (dihaluskan) :
1 sendok teh ketumbar
3 buah bawang putih
6 buah bawang merah
2 butir kemiri, sangrai
1/2 sendok teh asam
1/2 sendok teh garam
2-3 sendok teh gula merah

Cara Membuat lemper Ayam :
Isi : lepaskan daging ayam, cabik-cabik, iris halus. Tumis bumbu halus sampai harum, tuangi santan, masukkan semua bahan isi, masak dengan api kecil sampai kering. Angkat, dinginkan.
Kukus ketan dengan daun pandan sampai setengah matang, keluarkan, pindahkan ke panci. Tuangkan santan, beri garam, jerang di atas api kecil sampai santan terisap habis oleh ketan sambil sesekali diaduk. Kukus kembali sampai matang.
Selagi panas, ratakan ketan dalam loyang datar setebal 1 cm, potong 6×8 cm. Ambil dan pipihkan sepotong ketan. Beri 1 sendok makan isi, rapatkan dan bentuk sehingga mendapatkan lember bergaris tengah 4 cm, panjang 6cm. Lilit atau bungkus seluruhnya dengan daun pisang.
Note :
lemper dapat disimpan dalam freezer, sebaiknya tidak lebih dari 2 minggu. Biarkan dulu 60 menit dalam suhu ruangan. Setelah itu kukus 15 menit. Jika ada, ganti pembungkusnya dengan daun pisang yang baru.

Selamat mencoba
—–
sumber :
http://inforesep.com/resep-lemper-ayam.html

Tinggalkan komentar »

Resep Ayam Sambal Ijo

L
Kalau lagi bosan dengan lauk ayam yang biasa, bikin saja ayam super pedas ini. Tidak terlalu repot dan bisa dipanaskan ulang jika tak habis dimakan.
Balutan bumbu cabai hijau dan belimbing sayur yang asam membuat rasanya pedas-pedas asam, sedap!

Bahan:
1 ekor ayam, bersihkan, potong 12 bagian
2 sdm air jeruk nipis
minyak goreng
1 batang daun bawang, iris kasar

Bumbu, haluskan:
100 g cabai hijau keriting
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
3 buah belimbing sayur
2 lembar daun jeruk purut, iris kasar
1 sdt garam
1/2 sdt gula pasir

Cara Membuat:
Lumuri potongan ayam dengan air jeruk nipis hingga rata. Sisihkan beberapa saat.
Panaskan minyak banyak di atas api sedang.
Goreng ayam hingga kuning kecokelatan dan tiriskan.
Panaskan 4 sdm minyak, tumis bumbu hingga layu dan wangi.
Tambahkan daun bawang, aduk hingga layu.
Masukkan ayam goreng, aduk hingga mendidih lalu angkat.
Sajikan hangat.
Sajian untuk 6 porsi.
—–
sumber :
http://food.detik.com/readresep/1841/285/ayam/resep-ayam–ayam-sambal-ijo

Tinggalkan komentar »

15 Resep Alami Peluruh Kolesterol

LKOMPAS.com – Banyak tanaman yang secara turun temurun terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol maupun trigliserida darah. Karena murah dan mudah didapat, tanaman ini banyak direkomendasikan.

Mengonsumsi tanaman obat, baik daun, biji, akar, maupun buahnya, tidak berarti makan tanaman itu sebanyak-banyaknya. Konsumsilah ramuan tersebut dengan komposisi dan dosis tertentu. Karenanya, cara membuat ramuan, komposisi, dosis, dan waktu pemakaian harus dipelajari dengan baik lagi benar.

Berikut beberapa resep peluruh kolesterol dan trigliserida yang diperoleh dari berbagai sumber :

1. Alpukat
Alpukat mengandung asam folat, asam pantotenat, niasin, vitamin B1, vitamin B6, vitamin C, vitamin E, fosfor, zat besi, kalium, magnesium, dan glutation, juga kaya akan serat dan asam lemak tak jenuh tunggal. Kandungan ini yang mampu menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol darah.
Bahan: 1 buah alpukat matang
Cara Pemakaian: Buah alpukat dimakan mentah. Lakukan setiap hari.

2. Kubis
Kubis (brassica oleracea var. capitate) yang juga disebut kol, mengandung air, protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, tinamide, dan betakaroten. Kubis juga mengandung senyawa sianohidroksibutena (CHB), sulforafan, dan iberin yang merangsang pembentukan glutation.
Bahan: 1 buah kubis segar
Cara Pemakaian: Cuci kubis hingga bersih, lalu bilas dengan air matang. Potong-potong seperlunya, lalu dijus. Air sari kubis diminum sekaligus, lakukan setiap hari.

3. Belimbing manis
Apa rahasia buah ini sehingga bisa mengusir kolesterol? Ternyata seratnya yang tinggi mampu mencegah penyerapan lemak hingga dapat menurunkan kadar kolesterol dan mencegah tekanan darah tinggi. Serat yang tinggi juga memperlancar pencernaan. Sementara kandungan vitamin C-nya yang tinggi baik untuk antikanker.
Bahan: 2 buah belimbing manis ukuran besar
Cara Pemakaian: Buah belimbing dimakan setelah makan pagi dan malam, masing-masing 1 buah.

4. Akar manis
Tanaman yang memiliki nama asing licorice ini mengandung sejumlah zat seperti triterpenoid, flavanoid, asam ferulic, asam sinapic, biotin, asam amino dan beta-sitoserol. Yang perlu diperhatikan, jangan menggunakan akan manis dalam dosis besar jangka panjang. Ada laporan bahwa pemakaian akan manis dengan dosis 30-40 gram per hari selama 9 bulan menyebabkan kelemahan oto, hipertensi, edema dan kekurangan kalium.
Bahan: 10 gram akar manis
Cara Pemakaian: Akar manis direbus dengan 3 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, airnya disaring, lalu dibagi menjadi 2 kali minum, pagi dan malam hari.

5. Kacang Tanah
Bahan: 1 genggam daun kacang tanah
Cara Pemakaian: Daun dicuci bersih, lalu diiris halus. Masukkan irisan daun ke dalam gelas, lalu diseduh dengan secangkir air panas. Biarkan selama 40 menit, lalu disaring. Minum airnya selagi hangat dan sewaktu perut kosong.

6. Tempe
Bahan: 100 gram tempe
Cara Pemakaian: Tempe dipotong-potong sesuai selera, lalu direbus, dikukus, atau dibacem. Tempe dijadikan lauk dan dimakan bersama nasi.

7. Angkak
Sering disebut beras merah Cina, tanakan adalah sejenis cendawan berwarna merah, bernama Latin Monascus purpureus. Angkak bisa digunakan untuk membuat arak merah yang terbuat dari beras, sebagai bahan pengawet makanan, dan untuk obat. Berdasarkan penelitian, angkak mampu menurunkan kadar kolesterol darah.
Bahan: 1 sendok teh angkak
Cara Pemakaian: Angkak ditumbuk halus, dimasukkan ke dalam cangkir, lalu diseduh dengan secangkir air panas. Minum airnya selagi hangat. Lakukan setiap hari.

8. Labu siam
Bahan: 1 buah labu siam ukuran sedang
Cara Pemakaian: Buah labu dikupas, potong kecil-kecil dan dijus atau diparut, peras airnya dan saring. Kumpulan airnya diminum sekaligus.

9. Sambiloto
Bahan: 20 gram herbal sambiloto kering
Cara Pemakaian: Direbus dengan 3 gelas hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, air disaring, lalu diminum sekaligus. Lakukan setiap hari.

10. Jamur kuping putih
Bahan: 10 gram jamur kuping putih kering
Cara Pemakaian:Jamur putih dipotong-potong secukupnya, lalu direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Tambahkan sedikit pemanis buatan. Setelah dingin, airnya diminum dan jamurnya boleh dimakan.

11. Bawang merah
Bawang merah (Cepae bulbus), mengandung senyawa flavonoid yang bekerja sebagai antioksidan dan menurunkan kadar kolesterol, trigliserida, dan gula darah. Bahan: 20 gram bawang merah segar
Cara Pemakaian: Bawang merah diiris tipis-tipis, dimakan bersama nasi. Lakukan 3 kali sehari dengan ukuran yang sama.

12. Bawang putih
Bawang putih (Allii bulbus), bahan aktifnya s-allyl cysteine, suatu komponen thioallyl yang mempunyai khasiat hipolipidemik dan antitrombotik. Studi di Munich University, Jerman, menemukan bahwa menambahkan bawang putih ke dalam diet akan menurunkan kolesterol jahat sekitar 10 persen dalam empat bulan. Mengonsumsi bawang putih segar sering jadi masalah bagi banyak orang karena rasa yang tidak enak dan aromanya menyengat.
Bahan: 1-2 siung bawang putih
Cara Pemakaian: Bawang putih diiris tipis-tipis atau dipipiskan dan dibuat bulatan kecil, lalu ditelan. Lakukan 2 kali sehari. Namun ada cara lain supaya lebih mudah masuk ke tubuh kita. Bawang putih bisa dikreasikan dengan buah-buahan yang enak, menjadi jus kaya manfaat.

13. Kunyit
Dengan nama latin Curcumae domesticae rhizoma, tumbuhan ini juga berkhasiat melancarkan darah dan energi vital, menghilangkan sumbatan, sebagai peluruh kentut dan haid, mempermudah persalinan, antibakteri, antiinflamasi, serta memperlancar pengeluaran empedu ke usus.
Bahan: 10 gram rimpang kunyit segar
Cara Pemakaian: Rimpang kunyit dibersihkan, lalu diiris tipis-tipis. Rebus dalam air 2 gelas hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, air disaring dan diminum sekaligus. Lakukan hal ini 3 kali sehari, selama 12 minggu.

14. Temulawak
Tanaman bernama latin Curcumae rhizoma ini mempunyai aktivitas kolagoga (memperlancar pengeluaran empedu ke usus).
Bahan: 3 jari rimpang temulawak segar
Cara Pemakaian : Rimpang temulawak dikupas kulitnya, lalu diparut. Tambahkan 1/2 cangkir air panas dan biarkan mengendap. Setelah dingin, endapannya dibuang dan airnya diminum. Lakukan setiap hari.

15. Seledri
Seledri (Apii graveolentis radix), akarnya mengandung asparagin, pentosan, glutamin, tirosin, manit, zat pati, lendir, dan minyak atsiri. Khasiatnya memacu enzim pencernaan dan peluruh kencing.
Bahan: 30 gram akar seledri segar
Cara Pemakaian: Akar seledri dicuci bersih, lalu direbus dengan 2 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, air disaring lalu minum sekaligus.
—–
sumber :
http://health.kompas.com/read/2012/10/13/14384576/15.Resep.Alami.Peluruh.Kolesterol

//

Tinggalkan komentar »

Resep Iga Sapi Asam Pedas

L
Kuahnya yang asam pedas segar ditambah gurih daging sangat cocok buat menghangatkan tubuh. Daging sapi yang lembut gurih bakal menjadi aksen kuat sajian iga sapi ini. Cukup dinikmati dengan nasi hangat. Hmmm..sedapnya!
Bahan:
500 g iga sapi berdaging, potong-potong
750 ml air
5 butir bawang merah, iris tipis
3 siung bawang putih, iris tipis
3 cm kunyit tua, iris tipis
3 cm jahe, memarkan
2 cm lengkuas, memarkan
1 batang serai, memarkan
½ sdt merica bubuk
2 sdt garam
3 sdm kecap manis
1 sdm asam Jawa, bulatkan, bakar hingga agak kehitaman
5 buah tomat hijau, belah dua
8 buah cabai rawit merah

Cara Membuat:
Cuci iga sapi, tiriskan.
Didihkan air bersama bawang merah, bawang putih dan bumbu-bumbu hingga mendidih.
Masukkan iga sapi, kecap dan asam Jawa.
Masak dengan api kecil hingga daging iga empuk.
Masukkan tomat hijau dan cabai rawit. Rebus hingga lunak.
Angkat. Sajikan hangat.
Sajian untuk 6 porsi.
—–
sumber :
http://food.detik.com/readresep/1835/285/daging/resep-daging–iga-sapi-asam-pedas-2

//

1 Komentar »

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.